Blog sidebar

Category

Recent Posts

Panduan Lengkap Perbedaan Jenis-jenis Stik Golf
In News

Panduan Lengkap Perbedaan Jenis-jenis Stik Golf

Untuk kamu yang tertarik belajar olahraga golf, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis stick golf.

Sejatinya, stick golf atau yang juga disebut dengan club, memiliki tiga jenis utama yaitu wood, iron dan putter yang memiliki fungsi berbeda. Perbedaan yang utama adalah jarak yang bisa dihasilkan oleh stik tersebut ketika memukul bola. Nomor pada setiap stik menandakan ukuran yang berbeda-beda yang dapat kita lihat di jenis stik wood sampai jenis iron, dimana nomor 1 adalah yang paling besar, sampai nomor 9 yang paling kecil di jenis stik iron. Berikut adalah perbedaan setiap jenis stik golf.

 

Woods

Berguna untuk melakukan pukulan jarak jauh, dan pukulan awal yang menggunakan tee. Terdapat beberapa nomor wood dengan sebutan khas nya masing-masing, antara lain :

- Wood No.1 / Driver, stik wood ini juga biasa disebut driver yang memiliki ukuran terpanjang dan size head terbesar untuk pukulan pertama yang menggunakan tee. Stik ini bisa memukul bola hingga 270m.

- Wood No.3 & Wood No.5 / Fairway, untuk wood ukuran 3 & 5, sering juga disebut fairway karena digunakan untuk memukul bola dari fairway. Stik ini biasa digunakan untuk pukulan kedua setelah driver, dimana masih dibutuhkan pukulan jarak jauh menuju ke area hole.

- Hybrid / Rescue, stik hybrid adalah perpaduan antara stik wood dan iron, dengan kelebihan akurasi yang lebih baik daripada stik fairway, namun dengan jarak yang lebih pendek. Stik ini seringkali disebut stik Rescue, karena kerap digunakan untuk mengeluarkan bola dari posisi yang sulit seperti hard rough. Dalam paket stik golf full set umumnya sudah terdapat 1 buah stik hybrid dengan nomor 4H (kode H tersebut yang menandakan stik tersebut adalah stik Hybrid)

Contoh diatas adalah beberapa wood yang umumnya terdapat dalam paket full set dalam sebuah paket stik golf, walaupun ada beberapa size yang bisa anda cari dan beli terpisah seperti wood #2, wood #4, ataupun hybrid #5H.

 

Irons

Berguna untuk melakukan pukulan jarak menengah dan untuk mengincar hole (area green) atau area disekitar lubang yang dituju. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan iron lebih ditujukan untuk meningkatkan akurasi pukulan dari pemainnya. Jenis stik Iron merupakan peralatan pemukul yang paling banyak dibawa oleh pemain golf. Terdapat beberapa ukuran stik iron mulai dari nomor 3 sampai nomor 9.

- Long Irons (3-4), stik iron dengan nomor sampai dengan 4 biasa disebut long iron, karena ukuran nya yang panjang. Namun jenis long iron saat ini jarang digunakan, karena tergantikan dengan kepopuleran stik jenis hybrid yang bisa menempuh jarak yang sama jauh nya. Bahkan hampir tidak ditemukan lagi stik long iron di paket full set yang ditawarkan berbagai merk stik golf.

- Medium Irons (5-7), Iron dengan ukuran 5 sampai 7 juga seringkali disebut medium iron, salah satu jenis stik yang wajib ada dan dibawa oleh golfer. Stik jenis medium iron biasanya juga menjadi pilihan utama untuk yang baru mulai belajar bermain golf.

- Short Irons (8-9), Sub kategori stik short iron juga sangat berguna untuk pukulan jarak pendek. Short iron pasti golfer dengan mudah temukan di berbagai full set golf.

 

Wedges

Stik wedge sebenarnya adalah bagian dari stik iron karena kemiripan bentuk dan struktur. Hanya saja terdapat perbedaan di panjang stik dan sudut kepala stik yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunaan nya. Penamaan iron 9 keatas umumnya diikuti dengan kata wedge itu sendiri.

 

- PW / Pitching Wedge, stik wedge dengan Loft terendah, atau sudut kemiringan stik golf itu sendiri. Pada umumnya pitching wedge memiliki loft 46°. Pitching wede juga merupakan wedge dengan jarak terjauh dibandingkan wedge lain nya karena panjang dan loft yang lebih datar.

- GW / Gap Wedge, stik wedge yang kurang populer ini sebenernya mengisi gap atau jeda antara pitching wedge (PW) dan sand wedge (SW).

- SW / Sand Wedge, salah satu wedge standar yang dibawa oleh golfer. Sesuai namanya, wedge ini berguna untuk mengeluarkan bola dari bunker pasir.

- LW / Lob Wedge, jenis wedge ini memiliki sudut loft yang sangat tinggi dan dapat menghasilkan bola lob yang tinggi.

 

Chipper

Stik chipper adalah kombinasi stik iron dan putter, umumnya memiliki loft 23° - 27°. Seperti namanya stik jenis ini menghasilkan bola chip yang rendah. Chipper bisa digunakan untuk pukulan jarak pendek dari area green menuju ke hole.

 

Putter

Jenis stiik terakhir berikut juga merupakan stik yang wajib dimiliki dan dibawa oleh golfer. Stik ini berguna untuk memasukkan bola golf ke dalam hole. Stik ini memiliki sudut yang sangat datar di bagian head nya, agar dapat menghasilkan bola yang mendatar. Terdapat dua bentuk head stik putter, yaitu :

- Blade, jenis putter ini dikenal sebagai bentuk putter yang orisinal, yang terlihat tradisional dan elegan. Putte jenis blade ini lebih memberikan feedback kepada penggunanya.

- Mallet, jenis putter ini ditemukan lebih baru dibandingkan jenis blade. Diciptakan untuk  memberikan forgiveness yang lebih baik, karena di desain dengan massa head yang lebih besar & lebih berat. Ada beberapa bentuk putter mallet yang dijual oleh berbagai merk golf, seperti kotak, bulat, maupun setengahh lingkaran atau half moon.

 

 Full Set Golf Club

Setelah mengetahui perbedaan berbagai jenis stik golf, penting untuk diketahui stik apa saja yang terdapat di sebuah full set stik golf yang banyak diitawarkan berbagai merk golf di dunia. Pada umumnya sebuah full set stik golf terdapat 11-13 stik golf didalamnya. Golfer yang ingin membeli sebuah produk full set pun akan mendapatkan satu buah tas golf, bahkan ada juga yang sudah terdapat cover atau sarung untuk bagian head sebuah stik golf, seperti cover untuk stik putter atau untuk stik woods.

Salah satu produk full set yang populer di Indonesia adalah merk PGM seri RIO 3, salah satu seri pemula yang sangat cocok untuk digunakan pemula, bahkan bisa terus digunakan secara jangka panjang karena build quality dan material berkualitas yang digunakan dalam pembuatan produk ini. Bahkan untuk stik driver atau wood #1 nya sudah menggunakan bahan Titanium, yang biasanya digunakan oleh merk lain untuk seri full set dengan harga di atas 15 juta rupiah. 

Di seri RIO 3, terdapat total 11 stik yaitu 4 stik woods, 7 stik irons, dan 1 putter, dengan detail sebagai berikut :

- #1 Wood / Driver

- #3 Wood / Fairway

- #5 Wood / Fairway

- #4H Wood / Hybrid

- #5 Iron

- #6 Iron

- #7 Iron

- #8 Iron

- #9 Iron

- #PW / Pitching Wedge

- #SW / Sand Wedge

- Putter (Blade)

Itulah beberapa jenis stick golf yang wajib Anda ketahui. Pada dasarnya, penggunaan stick golf tersebut dibedakan atas tujuan penggunaannya. Yuk main golf!

 

 

 

YOU MAY ALSO LIKE

Category

Recent Posts